PROTYPE PENGAMANAN PINTU DENGAN MENGGUNAKAN ANDROID DAN EMBEDDED SISTEM NIRKABEL

Marliana Sari

Abstract


Kemajuan teknologi yang semakin lama semakin berkembang dengan cepat di pergunakan untuk membantu manusia dalam  menjalankan tugas sehari-harinya. Salah satu kemajuan teknologi tersebut adalah dengan terciptanya suatu alat yang dapat di dikendalikan pemakaiannya dengan jarak jauh.

Pada tahapan ini Peneliti mencoba membuat suatu alat keamanan pintu yang berbasis android. Adapun tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah membuat suatu alat pengaman pintu yang mudah, murah, praktis, dalam penggunaan untuk dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam  membuka pintu rumah tanpa harus memegang bermacam-macam kunci yang mungkin sangat menggangu dengan sistem kendali jarak jauh.

Adapun pembeda alat kontrol pintu ini dibandingkan dengan alat kontrol pintu yang lain adalah pengaman pintu yang bisa diakses secara nirkabel saat ini diterapkan dengan meniadakan fitur input keamanan akan tetapi menggunakan metode berbasis jaringan ethernet dimana pada  jaringan ethernet ini alat pengendali dapat dikendalikan atau dikontrol dalam suatu jaringan TCP/IP sehingga piranti tersebut dapat mengirimkan informasi kunci pengaman pintu sesuai dengan perintah yang diberikan oleh pusat pengendali atau pusat kontrol seperti mengambil kunci pengaman pintu berupa kata kunci yang tersandi, dan mengirimkan kata kunci yang tepat sesuai sandinya akan tetapi alat pengamanan pintu rumah tersebur di buat dengan menggunakan embedded sistem berbasis android dengan melakukan beberapa tahap yaitu (1) inisialisasi IP dan Subnet mask (2) membentuk koneksi dan jaringan Wireless pada port 4000(3) mengirimkan permintaan data ke Arduino dengan mengirimkan karakter 0(4)  mengirimkan permintaan data ke Arduino dengan mengirimkan karakter  1(5) menerima data dari arduino dan membuat kunci pasangan dari algoritma enigma(6) mengirimkan kunci pasangan(7) hasil tampil pada android.

Dari  hasil pengujian dapat diambil kesimpulan bahwa pengaman pintu ini dapat bekerja sesuai dengan prinsip kerja yang dirancang. Hal tersebut ditunjukkan oleh semua rangkaian pada saat bekerja.


Keywords


Teknologi;TCP/IP;Nirkabel; Ethernet;Android; embedded sistem; Wireless; Arduino

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah FIFO



Jurnal Ilmiah FIFO
Portal ISSNPrint ISSN: 2085-4315
Online ISSN: 2502-8332

Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo

e-mail:fifo.journal@mercubuana.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

width= width=

Image result for jurnal sinta