Perancangan Animasi Pembangkit Listrik Biomassa dan Sampah Sebagai Bagian dari Listrik Kerakyatan untuk Media Pembelajaran

Rosida Nur Aziza, Meilia Nur Indah Susanti, Abdurrasyid Abdurrasyid, Puji Catur Siswipraptini

Abstract


Kebutuhan akan listrik di Indonesia semakin meningkat. Salah satu usaha untuk memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia adalah dengan melibatkan masyarakat untuk membangun pembangkit listrik yang berbahan bakar biogas dan biomassa, baik yang berasal dari sampah atau berbagai jenis tanaman yang sesuai.  Pembangkit listrik yang dikenal sebagai Pembangkit Listrik Biomassa ini sudah banyak diterapkan di berbagai kota di Indonesia, namun proses pembuatannya masih belum diketahui oleh masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini akan menghasilkan animasi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dan Pembangkit Listrik Biomassa untuk sarana edukasi bagi masyarakat. Pembuatan animasi ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Net dan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang dimulai dimulai dari pengumpulan data, perancangan multimedia dan hasil yang dicapai adalah berupa animasi.


Keywords


Animasi, Biomassa; Pembangkit Listrik; PLTSa; Sampah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.v10i1.2935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah FIFO
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-4315
e-ISSN: 2502-8332
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo

e-mail:fifo.journal@mercubuana.ac.id

  Creative Commons Licence 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats