IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING PADA APLIKASI PENCARI PELANGGAN POTENSIAL PADA RESTORAN XYZ

Sabar Rudianto

Abstract


Persaingan dalam usaha, membuat Restoran XYZ mengalami kesulitan dalam mempertahankan pelanggan
setianya. Untuk itu diperlukan analisa untuk mengetahui mana pelanggan yang potensial, maka dirancanglah
sebuah aplikasi menggunakan algoritma K-Means (Clustering) untuk mengelompokkan data pelanggan. Metode
K-Means Clustering mengelompokkan data yang ada ke dalam beberapa kelompok, dimana data dalam satu
kelompok mempunyai karakteristik yang sama. Data pelanggan dikelompokkan menjadi dua cluster yaitu tidak
potensial, dan potensial. Kemudian setiap cluster diklasifikasikan berdasarkan kriteria mana yang lebih
diprioritaskan. Cluster dengan nilai terbesar pada centroid akhir merupakan cluster yang direkomendasikan
menerima reward, sedangkan cluster dengan nilai terkecil pada centroid akhir merupakan cluster yang tidak
berhak menerima reward. Hasil dari proses ini membentuk cluster-cluster yang digunakan untuk memberi saran
pertimbangan dalam menentukan strategi penjualan yakni memberikan reward untuk pelanggan dengan posisi
cluster teratas.

 


Keywords


K-Means; Clusetering ; Layanan Pelanggan; Sistem Pengambil Keputusan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer



Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : jitkom@mercubuana.ac.id
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats