ANALISA POSISI PELAT PEREDAM GERAK LATERAL CAIRAN DI DALAM TRUK TANGKI OVAL YANG DIMODIFIKASI MENGGUNAKAN KOMPUTASI DINAMIKA FLUIDA

Iwan Kurniawan

Abstract


Dalam operasinya, truk tangki yang membawa beban cair memiliki resiko kecelakaan yang tinggi dibandingkan kendaraan yang mengangkut benda padat, mayoritas terguling saat melewati tikungan. Salah satu penyebab utama truk tangki terguling adalah adanya gerak periodik permukaan bebas cairan dalam tangki yang tidak terisi penuh atau yang dikenal dengan sloshing. Besarnya gaya yang timbul akibat gerakkan cairan dan pergeseran koordinat pusat massa cairan yang diangkut mempengaruhi momen guling yang terjadi pada truk tangki. Besarnya momen guling mengakibatkan nilai ambang batas guling atau rollover threshold akan lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan dengan muatan padat. Semakin rendah nilai ambang batas guling maka kecenderungan kendaraan untuk terguling akan semakin tinggi. Pelat peredam atau baffle dalam tangki biasa digunakan sebagai cara yang efektif untuk meredam gerakan cairan sehingga momen guling dapat diredam. Penelitian dilakukan dengan simulasi model tangki dengan program komputasi dinamika fluida FLUENT untuk mengetahui posisi baffle yang paling optimal untuk meredam gaya sloshing dan momen guling yang dihasilkan. Simulasi dilakukan pada satu kompartemen tangki penampang oval yang dimodifikasi dengan variasi ketinggian air dalam tangki 30%, 50%, 70% dan 90% dan besar percepatan lateral 0,3g. Desain baffle yang dibandingkan terdiri dari H-V Baffle, Diagonal Baffle, H-V-D Baffle, V-D Baffle, Baffle A dan Baffle B. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelat peredam H-V-D Baffle adalah pelat peredam terbaik untuk truk tangki oval yang dimodifikasi, karena mampu meredam momen guling lebih baik dari pelat peredam lain pada tinggi cairan 30%,70% dan 90%. Pelat peredam V-D Baffle bisa menjadi alternatif, karena dengan jumlah pelat peredam yang lebih sedikit dari H-V-D Baffle, mampu meredam momen guling dengan redaman yang optimal pada semua ketinggian cairan, bahkan redaman momen guling pada tinggi cairan 50% lebih baik dari H-V-D Baffle.

Full Text:

PDF

References


. Billing, J.R., & Patten, J.D. (2006). An Assessment of Tank Truck Roll Stability. Procidings of 9th International Symposium on Heavy Vehicle Weights and Dimensions, IFRTT (pp:1,4 &10). USA.

. Dasgupta, A.(2011). Effect of Tank Cross-Section and Longitudinal Baffles on Transient Liquid Slosh in Partly-Filled Road Tankers. (Master Thesis, Concordia University, Kanada).

Diambil dari http://citeseerx.ist.psu.edu.

. Kang, X., Rakheja, S., & Stiharu, I. (1999). Optimal Tank Geometry to Enhance Static Roll Stability of Partially Filled Tank Vehicles. SAE Technical Paper Series, 1999-01-3730,1-3.

. Kandasamy, T., Rakheja, S., & Ahmed, A.K.W. (2010). An Analysis of Baffles Designs for Limiting Fluid Slosh in Partly Filled Tank Trucks”, The Open Transportation Journal, 4, 23 & 26.

. Koli, G.C., & Kulkarni, V.V. (2010).Simulation of Fluid Sloshing in a Tank.Proceedings of The World Congress On Engineering, Vol. 2 (pp.1). London, UK.

. NZ Transport Agency. (2010). Static Roll Thresholds. Diambil dari website : http://www.nzta.govt.nz/resources/factsheets/13e/

. Ranganathan, R.(1990), “Stability Analysis and Directional Response Characteristics of Heavy Vehicles Carrying Liquid Cargo (Disertasi, Concordia University, Kanada). Diambil dari http://spectrum.library.concordia.ca

. Romero, J.A., Ramirez, O., Fortanell, J.M., Martinez, M., & Lozano, A. (2005). Analysis of Lateral Sloshing Forces Within Road Containers With High Fill Levels. Journal of Automobile Engineer,220,.303-304.

. Tanugula, R. (2001). Effects of Baffles on Damping Lateral Fluid Sloshing Oscillations in Tanker Trucks (Master Thesis, West Virginia University, United States). Diambil dari http://oatd.org/

. Tehrani, K.M. (2005). Analysis of Overturning Moment Caused By Transient Liquid Slosh Inside A Partly Filled Moving Tank. Concordia University Journal, Kanada, 220 (3), 290-291.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v6i1.1316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Teknik Mesin

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: mesin@mercubuana.ac.id
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335

JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats